OUR 5-STEP SNEAKERS SILHOUETTE DEVELOPMENT (FOR BEGINNER)

DESIGN & DEVELOPMENT   -   San Teresia Penglipurati , NAH Project 

Hi! This is your designer speaking :)

Jurnal hari ini aku mau sharing tentang cara kita yang paling basic untuk mengembangkan desain silhouette sebuah sneaker. Semoga teman-teman yang punya panggilan menjadi desainer bisa tergugah ya hehe. Mari kita mulai!

1. Start with understanding your user

Kita bisa mulai dengan mengenal user. Cari tahu kebiasaan, tendency, tempat main, tempat nongkrong, musik yang didengerin, outfit yang dipakai, usianya, dll-dll-dll pokonya yang detaillll banget. Lalu selanjutnya kita generalisasi dan bangun persona user yang kita jadikan acuan desain.

2. Seek out the trends

Cari trends yang relevan dengan user kita. Entah aspirasi, warna, berita yang lagi digandrungin, outfit yang lagi rame dll dll. Ambil point point trend yang bisa diaplikasiin ke keinginan user kita.

3. Add some inspiration

Kita bisa masukin personality dan aspirasi kita sebagai desainer disini. Misalnya kita lagi obsessed ataupun terinspirasi dari gubahan yang lagi seru buat kita, bisa banget kita terapkan di desainnya.

4. EXPLORE

Semua bahan-bahan yang dijadiin poin untuk desain tadi lalu kita eksplore bentuknya. Gausah terlalu detail ya, yang penting bisa generate ide kita sebanyak-banyaknya. Be patience karena ga bisa sekali jadi yes.

5. Render

Sketsa yang terpilih lalu di “warnain” supaya representatif sama warna dan material yang kita pengen. Bisa pake alat tradisional atau mungkin pake digital.

6. Pitch

Setelah dirender, buat pitchboard. Ceritain lagi tuh target user, trend, dan inspirasinya. Akan lebih baik kalau nyantumin proses berpikirnya di pitchboard supaya tim tau kalau kita mikirinnya ngga ngasal.

7. Kalau ga lolos ya ulangi. Gitu terus sampe produksi wgwg.

 

Semoga menolong yaak. Hajar!

 




1 comment

Mantab sekali semoga makin banyak lagi designer indo yg bakal memajukan dunia sneakers perlocalan

Fariz ferdiano November 19, 2020

Leave a comment