WHY WE LOVE VARSITY THEMED APPAREL

DESIGN & DEVELOPMENT - San Teresia Penglipurati , NAH Project


(yes we’re talking about NAH’s Hoodie Campus)


Sebagai manusia modern, kita selalu encounter fashion trends. Salah satu gaya yang paling sering kita temukan di busana modern ini adalah varsity themed apparels. Kita di NAH juga senang sama tema varsity ini (udah nengok artikel baru kita? hehe). Dia klasik dan ga lekang oleh waktu. And it left us wondering, kenapa ya tema ini in banget? Dan ini hasil stalking-stalking tim disen NAH.


1. Varsity on General


Hal pertama yang kita cari adalah pengertian umum varsity. Pas nyari di google, yang kita temukan adalah ini:


Definisi varsity on Google


Secara global, varsity punya artian tim olahraga atau kompetisi apapun yang merepresentasi satu sekolah. Kalo british bilang, varsity adalah pengertian waktu ketika kita lagi kuliah, atau pengertian event olahraga yang lagi dihelat, khususnya antar perguruan tinggi.


2. Representing


Dari pengertian yang kita cari tadi, kita bisa simpulkan keywords nya adalah: olahraga, team, dan representasi. Yang kita highlight adalah REPRESENT. Kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang senang diapresiasi dan mengapresiasi. Kita juga senang menjadi bagian dari suatu komunitas apalagi yang punya pengaruh atau tempat khusus buat kita secara personal.


Aku si anak basket


Sebagai contoh, aku diberi kesempatan untuk bersekolah di salah satu perguruan tinggi di Bandung dan pernah represent tempatku kuliah di bidang olahraga basket. Keinginan dan bentuk apresiasiku tersalurkan banget di hoodie ini. I got the chance to rep my school bahkan ketika sudah lulus.


Aku si anak NAH


And now ketika kita berkarya di NAH, kita ngerasa butuh identity statement juga buat represent NAH di kehidupan sehari-hari kita.


3. Team Spirit


Got this pic from google, please don't hurt me


Pernah ga sih dukung temen-temen atlit kalian waktu tanding olah raga antar sekolah? Support dan spirit kita all out banget kan ya waktu dukung tim kita. Walaupun kita ga deket sama semua orang di sekolah, tapi kita nyatu banget. Waktu tim kita menang semua sorak sorai, waktu tim kita kalah semua kecewa dan saling lift up.


Walaupun kita di bangku penonton, tapi kita ngerasa ikut bertanding, ya kan? School dan team spirit itu yang bikin kita ngerasa jadi bagian dari “something big”. Bentuk identitas itu biasanya kerasa banget ketika kita pake atribut yang representing team / komunitas kita. Walaupun ga lagi ada kompetisi, kita suka repping that something big itu di circle kita yang lain.


4. Sport-y


Notis ya: Sports - Casual


Design dari varsity themed ini kebanyakan sports-casual. Balik lagi ke pengertian aslinya, varsity adalah “principal team representing a school in a sport or other competition”. Jadi boleh dibilang kalo varsity themed apparel ini emang forged di seputaran aktivitas atletik. Mood dan gaya yang dipakai pada akhirnya jadi casual sport dan it goes with almost everything.


Mau dipake ketika kelas, mejeng, ngaso, bahkan bobo ya ga salah. Sporting gear biasanya dari awal sudah di desain untuk kenyamanan pengguna. Secara visual dia bisa dipakai untuk identify team nya dan secara produk penggunanya bisa nyaman. Combine that with casual, ya jadinya nyaman ketika lagi casual activities.


5. Memorabilia


Varsity themed apparel ini juga bisa bawa kita ke memory lane. Pernah pake jaket himpunan atau jaket pengurus osis, atau jaket ekskul? Mau lagi pleno, lagi kelas, ke perpus atau lagi sekedar mejeng di kantin, kita suka pake “that particular rep gear” ya gak? Nah, pas lulus kalo liat baju atau jaket itu kita suka inget kenangan ketika kita lagi struggle begadang ngerjain tugas, berkawan dan nongski di kampus atau sekolah kita


Pas kita udah bergabung sama masyarakat luas, kita suka banget “bawa-bawa partai” atau sederhananya: kalo nemu alumnus dari sekolah atau kampus yang sama suka dianggap saudara sendiri, ye ga? Aku sih, selama apparelnya masih muat, masih suka dipake jadi go to gear, apalagi kalau design nya everlast. Suka seneng aja gitu hehe.


Random citizen reppin’ their respective school


NAH, itu dia yang bikin tim NAH Project bikin Hoodie Campus. Kita nyoba recreate that feeling di artikel baru kita. Secara internal, kita pengen reppin’ this lovely brand sebagai bagian dari identitas kita. Dan secara external, kita pengen nge-state kalau kalian itu bagian dari team NAH. Your support is always considered as energy pulses.


Recreating that energy ketika kita lagi sama-sama teriak support tim kita di bangku penonton. Energi yang sama ketika kita lagi berjuang bersama untuk lulus sekolah. Energi yang sama yang bikin kita ngerasa jadi a part of something big. We want to be a part of you. Feeling that bursts of energy, and feeling that pulse together.


Klik gambar buat liat Lookbook-nya


Anyway kampus, himpunan atau sekolah kalian kira-kira mau ga ya bikin varsity apparel bareng NAH? Coba email kesini yes : hello@nahproject.com

Leave a comment