#PressPlay: Foreplay – Design

DESIGN & DEVELOPMENT   -   San Teresia Penglipurati , NAH Project 

Hola everyone! This is your designer speaking.  

Mayoritas orang yang mampir di jurnal ini pasti kenal sama project paling longlast dan ter-ambis nya NAH Project: FlexKnit. Sejak awal 2018 lalu kita develop sepatu dengan konstruksi upper rajut ini. Dan sneaker yang kita branding sedemikian rupa ini sudah mengalami pemutakhiran sebanyak 3 kali. Artinya, siluet ini udah kita upgrade spec nya 3 kali.

Sebenernya, secara tim kita udah cukup puas dengan pemutakhiran yang ke-2, FlexKnit V2.0. Better upper, better wires, better materials dibanding yang V1.0. Tapi, insight yang kita dapet dari user-nya NAH ternyata malah makin beragam. In general, kalian pengen sneakernya lebih “ready to play”. Aku sendiri ngga expect sepatu ini dipake kegiatan yang lebih aktif. Karena memang desain awalnya, ya, daily beater. I don’t recommend pakai sepatu ini jika untuk berkegiatan dengan biomekanika yang lebih intens seperti maraton or maybe heavy workouts. But I do admit that FlexKnit V2.0 memang enak buat dipake lari sore cantik hehe.

 
Not-so-random citizen wears NAH while cycling. Thank you Mr. President for your never ending trust in Flexknit Series. (s: Instagram @jokowi)

Tambah lagi di keadaan sekarang yang masih belum pasti. Kebanyakan dari kita kerja dari rumah. Ya, otomatis cari aktivitas baru yang lebih challenging supaya bisa keep the juices flowing, kan? Banyak deh yang nyoba V3.0 buat dipake easy workout at home.

Tapi, kalau dipake bukan peruntukannya, ya, nanti konstruksinya pasti cepet bikin komplen (yang masih awet, congrats! berarti klean nurut wkwk). NAH, supaya bisa mengakomodasi kita-kita yang aktivitasnya beragam during the day, akhirnya kita decide untuk #PressPlay. Bikin pemutakhiran yang ke-3. Yang bisa mengakomodasi biomechanics, dan aktivitas yang sedikit lebih berat. Yang looks-nya kita keep supaya tetep versatile ke occassion yang lebih kasual.

The Upgrades: Knitting

Pola knitting dan material nya kita ganti jadi lebih heavy duty dan nyaman. Di V2.0 sendiri, karena diperuntukkan untuk daily beater, kerapatannya ngga terlalu kenceng, kita bikin medioker supaya bisa leluasa dan punya feather-light feel. Again, kan awalnya emang buat daily beater.

NAH (pun intended), di V3.0 kita bikin yang lebih tebal dan materialnya diupgrade lagi. Tujuan utamanya: lebih kuat dan lebih nyaman. Pola perforation nya juga kita enhance supaya tingkat breathability nya makin OK.

The Upgrades: Konstruksi

FlexKnit V2.0 memang oke. Tapi, kita pengen supaya V3.0 lebih dari OK. Jadi, kita coba pastiin strukturnya lebih kuat lagi dengan jahit stroble board sebelum cementing ke outsolenya.

 
Dalemannya Flexknit Series.

The Upgrades: New Step, New Pulse.

Outsole yang V2 kita pakai material phylon dengan metode injeksi. Di V3, kita pakai pressed-phylon dan developer kita make sure supaya outsolenya lebih bouncy. Easy crease no mo!

Look at that thick rear, you guys!

And philosophically speaking, I kinda hope you got new energy, new pulse from each step you take.

The Outtakes

Sama seperti sebagian besar kita, akan sulit untuk memulai rutinitas baru ketika sudah cukup nyaman di keadaan yang sekarang. “FlexKnit V2.0 kan udah ok? Kenapa harus di re-invent, sih?”. Meen! Akupun males banget waktu mulai ngerjainnya. But we all know sebaik apapun keadaan, sebenernya kita pasti bisa mencapai versi yang lebih baik lagi. Jangan pernah puas. Jangan manja. Reach the better you. Pun kita udah tau pasti ada kekurangan dari diri kita sebelumnya kan? We can do better than that.

Kuncinya? Mulai. Hajar aja.

17 comments

Memulai hal baru?mungkin itu udah gw lakuin dari awal lulus SMA (2018)
Sebelum lulus udah dapet pengumuman SNMPTN bahwa gw ga lolos seleksi,yaudah deh ada duit sedikit coba buat daftar sbmptn,sambil ngurus prepare buat Ujian nasional.
Namun 1 hari sebelum pengumuman kelulusan gw dapet info lowongan kerja di salah satu cafe di Jakarta,dengan gaji hampir mendekati umr,gw mulai tergiur wkwkwk,ya wajar si anak kampung yang kalau kerja dapet ga seberapa akhirnya gw mulai dah, dan pas hari kelulusan gw udah otw ke Jakarta.
Mulai kerja cuma sebatas cuci piring sama ngepel kalau kata anak" kitchen sih namanya Steward. Yah cuma itu,tapi lama kelamaan udah mulai tertarik sama dunia masak. untung si dapet kawan" dan chef yang bisa ngasih ruang buat gw belajar didunia masak. Sampe sekarang gw pindah ke Magelang buat kuliah tapi juga tetep tiap malem kerjanya masak walaupun sebatas Nasgor doang si wkwkwk. so far selama gw ga banyak ngerepotin orang tua buat biaya hidup gw udah seneng banget, Mungkin kalau gw ngga mulai dari kerja di Cafe ngga mungkin gw bisa punya sedikit skill yang bisa ngehidupin gw di Magelang.
So, kalau ada peluang cobain deh pada terjun meskipun pada hal-hal baru. Siapa tau dengan kalian memulai hal" baru bisa menjadi passion lu yang sebenarnya.
Good luck semuanya,tetep jaga kesehatan ya

Ridho Kurnia Putra September 17, 2020

Pengalaman memulai hal baru itu sama dengan jalan menuju keberhasilan , sama seperti jalan jalan biasa yang kita lalui kadang mulus , kadang macet , kadang bergelombang , kadang bahkan rusak namun pengalaman yang kita lalui tadi dijalan yang bermacam macam kondisi itulah yang membuat kita terbentuk untuk menjadi yang lebih baik kedepannya dan yang paling terpenting adalah perjalanan memulai hal baru , seperti kata para pendaki gunung “Yang terpenting itu perjalanan menuju puncak, kita bisa melaluinya dengan selamat dan puncak adalah bonus dalam usaha kita”

Instagram : dandyryanokta__

Dandy Ryan Okta Pratama September 17, 2020

Dear NAH PROJECT

Pengalaman mengenai hal baru menurutku adalah ilmu yang baru, kesempatan baru, pencapaian baru. Ketika kita dapat bertanggung jawab mengenai pengalaman itu, maka kita bisa di katakan sukses. Bukan tentang baik atau buruk pengalaman yang terjadi, semua pengalaman itu sama. Pengalaman yang baik selalu memberi hal positif dan kebahagiaan bagi kita dan bisa mendorong kita supaya lebih maju dalam berkarya. Pengalaman buruk bisa memberi tahu kita , bahwa hal yang telah di lakukan adalah salah maka kita akan di tuntut untuk memperbaikinya supaya lebih baik lagi. Contoh pengalaman yang baru ku mulai yaitu bisa beradu di lapangan basket dengan lawan yang kuat, tidak perlu kemenangan yang di perlukan dalam bermain basket yaitu kebersamaan tim, kekompakan tim dan akurasi dalam mencetak poin.
Sekian pendapat saya tentang pengalaman memulai hal baru.
Instagram: @natasya.a.s._

Natasya Adinda Simarmata September 17, 2020

Pengalaman terbaik dalam memulai hal yang baru adalah bisa total berhenti merokok, sebab diri sendiri mulai sadar bahwa menjaga, melindungi dan menyayangi diri sendiri serta orang lain itu penting dari pada maksa ego hanya sekedar untuk memasukkan asap lalu mengeluarkannya lagi.

Untuk benar-benar melepas candu ini memang butuh proses yang panjang, continue dan serius dan untuk memulainya pun tidak mudah butuh hati dan pikiran yang seimbang agar tekad untuk berhenti menjadi tercapai.

Di awal saya pikir saya akan terus menerus menjadi orang yang candu dengan rokok tapi seiring berjalannya waktu, akhirya bisa terlepas dan pengalaman ini seperti prestasi karena bisa menjaga diri sendiri dan orang lain.

Mungkin pengalaman hal baru ini terlihat biasa aja dan aneh tapi bagi para perokok bisa total berhenti merokok adalah sebuah impian.

(Instagram : @muhaiminrsl)

Muhaimin Rasul September 17, 2020

Belajar memulai sesuatu yang baru dimulai ketika saya mutasi kerja dari kediri ke sleman..meskipun bidang pekerjaan yang saya jalankan sama,,tetapi suasana kerja,,teman,,atasan yang berbedamembuat saya sempat shock karena di tempat yang baru semuanya berbeda dengan tempat saya yang lama..situasi ini membuat saya awalnya bingung karena di tempat semula sudah terlanjur nyaman dengn situasi kerja yang ada..dengan tekad dan niat akhirnya bisa “menyamakan frekuensi” dengan ritme kerja di tempat yang baru..zona nyaman memang terkadang membuat kita menjadi terjebak pada situasi susah move on,,tetapi jika sudah punya niat pasti kita berhasil melaluinya…untuk semuanya jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru karena pasti ada yang lebih indah untuk dieksplor…sukses terus nah project untuk next improvement nya.semoga selalu menjadi salah satu local pride yang menjadi kebanggaan bangsa
Ig..danangpeewee

Paulus wardhana September 17, 2020

Memulai hal baru terkadang sulit. Selalu ada alasan yang memberatkan niat kita untuk melakukannya. Biasanya karena merasa akan ada hambatan di depan. Atau bayangan kegagalan yang menghantui pikiran. Urusannya menjadi rumit, ‘kan?
Dulu, saya pernah merasakan berada di posisi yang membingungkan. Selalu muncul pertanyaan: Apa yang harus saya lakukan? Bisakah saya memulai ini dan itu?
Ah, semoga tulisan ini bisa sedikit membantu kamu mengatasi atau setidaknya menghindari kebingungan seperti itu.
Saya ingin sedikit bercerita …
Sejak kecil saya menyukai olahraga. Bagi saya, olahraga itu bukan sekadar mengolah raga. Tapi juga mengolah jiwa. Olahraga telah menjadi kegemaran. Seolah telah mendarah daging di diri saya. Dulu, olaharga adalah pelajaran yang paling ditunggu-tunggu saat di sekolah. Karena selain fun, juga menyehatkan.
Ada yang bilang, “Mens sana in corpore sano.” Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Ya, saya setuju.
Suatu saat, saya jadi jarang olahraga. Bahkan saya ragu untuk melakukannya lagi. I don’t know. Tapi efeknya terasa. Badan saya menerima respon yang buruk. Kesehatan pun perlahan memburuk. Badan yang bugar menjadi kaku. Pikiran yang segar pun terasa membeku.
Akhirnya, singkat cerita, saya memutuskan untuk kembali berolahraga. Memotivasi diri lagi. Berusaha memulainya dari awal. Ya, benar-benar dari awal. Beradaptasi kembali. Saya mulai mengencangkan tali sepatu dan berlari. Meskipun, di tengah jalan selalu muncul perasaan tidak nyaman. Tapi Alhamdulillah, semuanya membaik. Tubuh terasa lebih sehat. Dan jiwa terasa lebih kuat.

Instagram:@faaadhlyy

Sulfadli September 17, 2020

Sebernarnya awal itu adalah akhir.

Dulu aku pernah di bilangin mama pas aku mau mondok “Nak, yang sekarang ini mungkin sulit bagi kamu untuk memulai, namun jangan khawatir. Karna kamu sudah di tunggu dengan akhir yang indah”

@ubay_gober

Imam baidowi September 17, 2020

Pandemi corona, 2 kata yang merubah pola kehidupan dimana mental kita diuji untuk menghadapi hal tersebut. Beralih ke kehidupan yang baru dengan mentaati protokol kesehatan, banyak +- yang terjadi dari 2 kata tersebut salah satu dampaknya iyalah banyaknya pemutusan hubungan kerja yang membuat kita dituntut harus ekstra berpikir kreatif agar dapat survive untuk mencukupi kebutuhan hidup, berdamai dengan kondisi yang asing/baru yang tidak bisa kita hindari dan pastinya menjadikan kita pribadi yang saling peduli satu sama lain demi menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga maupun kehidupan bermasyarakat

Ig : pramusito_

Pramusito putundiyo September 17, 2020

Banyak hal yang telah berubah semenjak pandemi ini ada, beberapa bulan yang lalu kita telah memulai hal baru misalnya setiap keluar rumah kita wajib pakai masker, cek suhu dimana-mana, wajib jaga jarak, tiap nemu wastafel pasti cuci tangan dan lain-lain.

Salah satu hal baru di hidup aku selama pandemi ini ialah aku jadi sering masak padahal selama ini tiap mau makan pasti beli makanan yang udah jadi. Awalnya sempat kebingungan sendiri sih karena ga bisa masak, tapi aku ga nyerah aku bahkan ke pasar sendiri, pilih barang sendiri sampe kadang bingung 😂, bikin food preparation agar lebih mudah ketika mau masak, rajin nonton channel masak di YouTube juga biar ada referensi.

Nah dari masak ini aku merasa lebih sehat gimana tidak tiap masak selalu nyelipin banyak sayur, membatasi konsumsi garam dan gula, dan ini yg paling penting menurutku pemakaian minyak goreng yg cuma sebentar ga sampe item. Satu lagi nih yang berasa banget ketika masak makanan sendiri, tau ga apa? Yap aku lebih hemat, lebih banyak dana yang bisa disimpan. Dana yg tersimpan ini tentu saja tidak kutabung begitu saja tapi aku memakainnya untuk belajar dan memulai bisnis.

Mungkin aja sih dari kebiasaan baru ini bisa jadi hobby baru dan bisa saja hobby ini bisa jadi peluang bisnis baru. Intinya jangan pernah menyerah memulai hal yang baru, upgrade skill baru dan terapkan long life learner

Ig : zulfadhli_ashari

Zulfadhli September 16, 2020

Memulai hal baru, yap di masa pandemi seperti sekarang ini. Pasti banyak banget dampaknya. Dari yang dulunya kerja diperusahaan, sekarang harus kerja dipersawahan. Yang dulunya gaji lebih dari cukup, sekarang lebih dari cukup melihat orang kehilangan gaji (phk). Pastinya hal tersebut ga boleh buat kita memangku tangan. Jadi manusia itu yah harus berani melangkah. Meski sulit, perlahan akan terasa mudah. Layaknya bayi yang awalnya hanya tau telentang, perlahan tau cara tengkurap dan seterusnya hingga tau cara berdiri, jatuh lalu bangkit. Tetap semangat untuk melalukan hal baru. Masih banyak hal yang harus diraih. Masih banyak ide-ide cemerlang dari hal yang ilmuwan sebut sebagai Otak. Sumber dari segala ide. Ide dari sebuah sumber. Pernah dengar pepatah ini ”Semua Ide yang Bagus Berasal dari Ide yang Buruk, Jadi Membutuhkan Waktu yang Lama (Steven Spielberg)” jadi hal sekecil apapun, selama kita berusaha maka hal itu takkan pernah sia-sia. Jangan pernah berhenti untuk meng-upgrade diri menjadi lebih baik.

Instagram : @dankradjo_

Dadan Rauf September 16, 2020

Memulai hal baru ditengah ketidak pastiaan tentang keadaan. Harus bisa menyesuaikan keadaan normal baru dari mulai mementingkan sebuah hal kecil tetapi berdampak sangat besar sepertihalnya menjaga jarak. Untuk saat ini hal baru yang saya lakukan adalah mengola stres agar tidak merasakan beban terlalu berlebih ditengah situasi seperti ini. Biasanya saya untuk mengolah stres dan selagi menunggu waktu kuliah saya merawat burung peliharaan. Saya belajar bahwasanya merawat burung sepenuh hati juga mendapatkan balasan yang sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan. Dari merawat burung itu bisa memberikan suatu keadilan kepada seluruh makhluk ciptaan tuhan
(IG:@ariiifianto)

Dwi Arifianto September 16, 2020

Sangat banyak sebenernya hal yang baru untuk dilakuin di masa pandemi ini apalagi sebagai mahasiswa rata rata sudah menjalankan kegiatannya bukan lagi lewat tatap muka tapi serba daring! Tapi baru kali ini gw ada kegiatan KKN versi pandemi jadi sistemnya KKN di desa sendiri, dan hal baru yang gw lakuin itu Bersosialisasi

Memang kegiatan yang sangat mendasar tapi itu sangat berasa dampaknya bagi gw pribadi.
Walaupun awalnya aga berat karena harus berkegiatan di desa sendiri tapi mau ga mau harus gw jalanin.
Dengan bersosialisasi gw jadi kenal sama orang orang yang sering gw liat dan ternyata banyak orang penting di pemerintahan desa, bisa tau potensi desa dan mengetahui keadaan sekitar sampe ke dalem dalem gang soalnya rumah gw di pinggir jalan gede dan jarang keluar rumah :) semoga aja sih dengan bersosialisasi bisa jadi orang yang bisa bersosialisasi pada umumnya dan gw seneng banget ternyata banyak rute gang gang untuk jogging nanti ketika selesai KKN

instagram: farchanfarishan_

Farchan Farishan September 16, 2020

Memulai hal baru butuh mental yang kuat untuk menerjang rintangan yang tiba2 datang. Waktu SD aku mencoba untuk mengeskplore berbagai ekstrakurikuler untuk mengetahui bakat dan minatku setiap semester pasti berbeda ekskul dari mencoba renang, biola, vokal hingga akhirnya bisa menemukan ekskul yg sesuai dengan passionku yaitu menari dan fashion show. Dari bakatku itu aku memberanikan diri untuk mengikuti lomba Dimas Diajeng Cilik Sleman tahun 2015 dari situ aku bisa mendapat pengalaman yang banyak sekali tentang periwasata kebudayaan dan karakter teman2 yang lain. Alhamdulillah bisa mengikuti kegiatan dan berbagai tes.Tes pertama yaitu tes tertulis yang mempelajari kota jogja dengan 5 kabupaten dan sejarah seluk beluknya tes wawancara memakai bhs.jawa, bhs.indo, bhs,inggris hingga tes minat dan bakat. Banyak sekali pengalaman dan rintangan yang aku hadapi dan menjadikan itu sebagai pelajaran dimasa sekarang dan yang akan datang. Setelah berproses akhirnya membuahkan hasil menjadi juara 1. Semua itu berkat doa dan dukungan orang tua teman2 dekatku guru2 yang support aku. Menurutku jika kamu yakin untuk memulai hal baru maka kamu yakin bisa melawan rintangan yang ada dihadapanmu.

Atikah Istiqamah September 16, 2020

Memulai hal yang baru itu pasti akan ada rasa bimbang, ada rasa takut untuk memulai dan rasa ingin tau yang berlebih. takut untuk melakukan hal yang berbeda, tapi pasti mikir juga kalau berhasil dengan perbedaan itu bagaimana. tetapi harusnya kita harus berani untuk memulai hal baru, jika orang orang gak melakukan hal hal yang baru dunia gak bakal bisa berkembang sampai saat ini. dan untuk kita yang takut untuk memulai hal baru kita harus cari orang yang bisa support kita, jangan di circle yang toxic yang bisa ngatain kita aja. kalo kita di circle yang toxic otomatis kita down, dan hanya mengkhayalkan angan angan hal baru itu. Sekarang di masa pandemi ini , banyak yang di PHK, tapi yang aku liat rata rata semua orang mencoba hal hal yang baru yang mungkin bisa membuat mereka sukses dimasa depan ketimbang dipekerjaan yang lama. entah itu mereka bisnis makanan, jual barang, jual beli online , dll. Nah disini juga orang orang sudah berani eksplor hal hal baru, yang mungkin ini passionnya mereka di hal baru ini tetapi dihalangi pekerjaan yang lama dan takut untuk mencoba hal yang baru karena takut gagal. Jadi apapun bidang yang kamu tekuni, coba terus ulik hal yang baru dan berbeda, coba jalan baru yang belum pernah di jalanin orang sebelumnya. Sukses bukan hal yang mudah di dapat, semuanya kita harus usahakan dan ditekuni. Sukses untuk kalian smua yang sudah baca sampai habis, jaangan takut melakukan hal yang berbeda❤️

(instagram : alroysh_)

Alroy September 16, 2020

memulai hal baru, mungkin sesuatu yang akan sangat membingungkan dan membosankan, sama seperti di saat pandemi ini.
terutama temen temen di bali yang awalmulanya semua bergantung di sektor pariwisata maupun pendukung sektor pariwisata yang kini kehilangan pekerjaan utama.
seperti saya yang kehilangan pekerjaan sebagai tour driver, yang ingin mencari peruntungan baru di saat pandemi ini dengan cara berjualan. mulai dari jualan lauk makan, busung/janur bali untuk upacara adat, dan minyak kelapa
pada awalnya berjalan sangat baik dan akhirnya sampai pada bayang bayang kegagalan, tetapi untungnya saya mempunyai orang tua yang selalu bisa men support diri saya untuk tetap mencoba, dan saya pendam kata kata untuk selalu mencoba dan untuk tidak menyerah. saat ini saya memulai lagi berjualan minuman arak bali yang tentunya saya langsung cari sendiri di tempat pengolahan agar terjamin kadarnya dan aman buat di konsumsi dan juga merintis jualan kacang goreng. walaupun yah jualan di saat seperti ini memang banyak hambatannya seperti banyaknya penjual dan lain lain, tapi saya sudah di ajarkan untuk tidak pernah menyerah dalan memulai sesuatu yang baru dan selalu untuk mencoba hal baru .
(instagram/ yasaadipratama)

gede yasa September 16, 2020

Memulai sesuatu yang baru (apapun itu) mungkin akan terasa tidak mudah dilakukan, karena memang belum terbiasa menjalankan hal tersebut.
Tapi, kata yang baru (belum biasa) akan menjadi mudah (sudah terbiasa) jika kita terus menjalankan hal atau kegiatan tersebut, apa lagi jika sambil menjalankan hal atau kegiatan tersebut kita sambil mempelajari cara agar hal atau kegiatan tersebut lebih mudah dikerjakan, lebih rapih dan bagus hasilnya, bahkan bisa lebih cepat dan tetap bagus hasilnya.

Tidak salah jika kita wajib memakai istilah “Never Ending Improvement” – Jangan pernah berhenti belajar.

ANDI ARIF SETIAWAN September 16, 2020

Pengalaman memulai hal baru gw adalah ketika gw memutuskan untuk lebih banyak mengeksplor dunia luar, yang dulu awalnya gw adalah seorang anak rumahan yang jarang banget main keluar rumah. Banyak hal hal yang baru gw sadari dan temukan ketika gw mulai berani buat mengeksplor tempat-tempat yang belum pernah gw datengin. Punya banyak kenalan, pengetahuan baru, dan pelajaran hidup adalah hal yang banyak gw dapetin semenjak itu, bahkan efeknya lumayan besar buat kehidupan gw. Gw mulai sadar, gw ngga akan bisa berproses dan bertumbuh klo gw cuman diem dan ngga berani buat mengeksplor sesuatu. Disini gw dan NAH Project juga sama sama berani buat mencoba hal-hal baru, itu yang gw salut dan apresiasi dari tim NAH Project . Pesen buat diri sendiri adalah gw ngga akan pernah bisa menjadi versi terbaik dari diri gw kalau gw selalu jadi katak dalam tempurung yang lebih memilih buat terus terusan berada di zona aman. Sukses selalu buat NAH Project and team..jangan pernah lelah buat mencoba hal-hal baru dan selalu upgrade jadi versi yang terbaik dari NAH Project.

Semoga gw dapet giveawaynya biar produknya bisa nemenin gw eksplor ke tempat tempat baru wkwkwk

(instagram: itssatriapramana)

Satria Pramana September 16, 2020

Leave a comment